Sedih dan Malas dalam Ibadah

 اَلْحُزْنُ عَلَى فُقْدَانِ الطَّاعَةِ مَعَ عَدَمَ النُّهُوْضِ اِلَيْهَا مِنْ عَلاَمَاتِ الإِغْتِرَارِ٠ 

“Sangat sedih karena tidak dapat menjalankan ketaatan kepada Allah, akan tetapi merasa malas melakukannya, adalah tandanya ia terperdaya oleh setan." 

Kesedihan seperti ini adalah kesedihan yang bodoh dan palsu. Ia merasa sedih, akan tetapi ia malas. Ia merasa rugi, tetapi ia tinggalkan. Ia merasa tertinggal, tetapi ia tidak mengejar. Adalah kemalasan yang luar biasa. Hamba seperti ini tidak berusaha mencari kesempatan, atau mempergunakan kesempatan, ia selalu dibelenggu oleh rasa senang mengikuti panggilan hawa nafsunya. Ia ingin bangkit berdiri, tetapi ia berada dalam mimpinya yang pulas. Untuk menghapus kemalasan seperti gambaran di atas, maka si hamba perlu memiliki semangat iman yang mampu menerangi kemalasan dan kesenangan. 

Andaikata kesedihan kita sampai menangis mencucurkan air mata pun diiringi penyesalan, akan tetapi tidak dengan usaha untuk mencapai apa yang menjadi kewajibannya sebagai hamba Allah, maka tangis dan penyesalan itu akan tinggal penyesalan belaka. Seperti diucapkan oleh Rabi'ah Adawiyah, seorang sufi wanita yang terkenal, ia menyebut seorang laki-laki yang menyatakan dirinya sedih, lalu Rabi'ah mengatakan: "Jangan engkau mengatakan sedih seperti itu, katakan: "Alangkah sedikitnya rasa sedihku. Sebab, jikalau benar benar engkau bersedih, kamu kelak tidak diberi kesempatan untuk bersenang-senang." Abu Ali Daqqaq berkata, Orang yang menyes;ih dosa-dosanya mampu menempuh jalan Allah dalam waktu satu bulan, yang tidak dapat ditempuh oleh orang yang tidak menyesali kesalahan dan dosa-dosanya dengan perjalanan bertahun-tahun." Dalam satu kabar disebutkan, bahwa Allah suka kepada orang yang hatinya mau menyesali perbuatan dosa dan kesalahannya, dan berniat seru berusaha menghapus kesalahan dan menebus dosa-dosanya, kemudian memperbaikinya dengan meningkatkan amal ibadah yang wajib dan yang sunat." 

Usaha seorang hamba hendak mencapai kebaikan selamanya menghadapi kendala setan, baik yang berasal dari luar dirinya berupa godaan iblis, maupun dari diri si hamba sendiri berupa hawa nafsu Hamba yang lemah imannya, mudah dihinggapi penyakit malas, letih hati sanubarinya, lalu menjadi malas. Keletihan dan kemalasan itulah yang membawa akibat terbengkalainya ibadah. Satu-satunya obat mujarab untuk menangkal penyakit malas, tidak lain adalah mujahadah terus menerus serta tidak memberi peluang kepada perasaan malu itu menjadi nurani. Mujahadah terus menerus akan mencolm mempersenjatai hati manusia dengan iman dan keyakinan yang murni, menumbuhkan taqarrub kemudian menimbulkan himmah (semangat) untuk mempertahankan iman dan yain. Apabila iman dan yakin itu telah dapat dipertahankan, maka akan tumbuhlah istiqamah. 

Peranan si hamba sendiri dengan cara memohon hidayah dan taufiq dari Allah swt adalah sangat penting untuk menghilangkan semua kendala yang dihadapi. Usaha-usaha dengan cara tersebut akan mengantarkan si hamba kepada martabat orang-orang yan, mendapatkan jalan abrar.