Bacaan dan Doa Sujud Syukur

Selain sujud yang terdapat pada rangkaian kegiatan salat, ada juga sujud di luar salat seperti sujud syukur yang dijelaskan berikut ini. Sujud merupakan salah satu bukti bagi seorang hamba untuk tunduk dan merendahkan diri di hadapan Allah SWT. Mengaku dirinya sebagai makhluk lemah dan tidak berdaya. Dalam mengerjakan salat, sujud merupakan sebagian dari rukun salat yang harus dilaksanakan. 

Apa pengertian dan dalil dari sujud syukur? Sujud syukur adalah sujud sebagai tanda terima kasih seorang hamba kepada pencipta-Nya, yaitu Allah SWT.. Sujud syukur, hukumnya sunnat. Dalil naqli tentang sujud syukur Rasullullah saw. Bersabda :

 عن ابى بكرة انّ النّبيّ صلّى الله عليه وسلّم كان إذاأتاه أمر يسرّه أوبشرى خرّ ساجدا شكرالله 

Artinya: "Dari Abu Bakrah: Bahwa Nabi Muhammad saw. apabila datang kepada beliau sesuatu yang menggembirakan, atau kabar suka, beliau terus sujud semata-mata berterima kasih kepada Allah." (HR. Abu Daud)

Musik Sujud Syukur

Dalil sujud syukur 

Sujud syukur adalah ungkapan rasa terima kasih kepada Allah SWT. atas segala nikmat dan karunia yang diberikan kepada kita. Mensyukuri nikmat yang Allah berikan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu caranya, yaitu sujud syukur. Dengan demikian, sujud syukur merupakan perwujudan dari ungkapan rasa terima kasih seorang hamba kepada Tuhannya dalam rangka mencapai rida-Nya. 

Sebab-sebab melakukan sujud syukur 

Hal-hal yang menyebabkan seseorang melakukan sujud syukur, yaitu karena ia mendapat nikmat dan karunia dari Allah SWT. atau ia terhindar dari bahaya (musibah) yang akan menimpanya. 

Bacaan doa dalam sujud syukur 

Ketika melakukan sujud syukur, hendaklah membaca doa berikut ini.

 رَبِّ اَوْزِعْنِي اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَلِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَهُ وَاَصْلِح لِيْ فِى ذُرِّيَّتِيْ اِنِّ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ 

Artinya: "... Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat- Muyang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai, dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh aku bertaubat kepada Engkau dan sungguh aku termasuk orang muslim." (Q.S. Al-Ahqaf: 15) 

Cara Praktek sujud syukur 

Sujud syukur disunnatkan dilakukan pada saat nikmat itu diterima, atau baru saja terhindar dari musibah. Jadi, sujud syukur dilakukan secara spontan. Caranya, yaitu sebaiknya suci dari hadas dan najis, berdiri menghadap kiblat, kemudian niat sujud syukur bersamaan takbiratul ihram, setelah itu langsung sujud satu kali, lalu duduk untuk mengucapkan salam. Ketika sujud, hendaklah membaca doa sujud syukur sebagaimana telah dijelaskan di atas. 

Sebagai seorang Muslim, kamu harus mau melakukan sujud syukur apabila mendapatkan nikmat dari Allah SWT. atau baru saja terhindar dari mara bahaya (musibah). Sujud syukur ini tidak perlu menunggu perintah, tetapi dilakukan secara spontan atas kesadaran sendiri sebagai hamba Allah. 

Apabila anda mau melakukan sujud syukur ini, berarti di dalam diri kamu telah tertanam sikap orang yang pandai bersyukur.