Mizan-Timbangan Amal Perbuatan Manusia

Dalam Al-Qur'an surat Al-Mu’minun (23) ayat 102-10: Allah SWT berfirman yang mengenai mizan atau timbangan amal perbuatan manusia yang Artinya: "Barang siapa berat timbangan (kebaikan) nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat beruntung. Dan barang siapa yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri mereka kekal di dalam neraka Jahanam. Wajah mereka dibakar dengan api neraka, dan mereka di neraka dalam keadaan muram dengan bibir yang cacat." 

Telah kita ketahui bersama bahwa secara bahasa Mizan artinya adalah timbangan. Pada saatnya nanti Semua Amal perbuatan manusia selama hidup di dunia diperhitungkan  oleh Allah dengan timbangan keadilan dari sang Maha pencipta Allah swt. Mizan atau Timbangan keadilan dari Allah itu memiliki ketepatan yang tidak mungkin meleset sedikit pun. Semua dan setiap amal perbuatan yang dilakukan oleh manusia dan dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar ditimbang dengan timbangan tersebut. Hasil dari penimbangan amal perbuatan manusia itulah yang akan menentukan apakah seseorang akan hidup berbahagia di surga ataukah hidup sengsara di neraka. Bahkan secara lebih rinci, Allah memberikan informasi kepada kita dalam firmannya di Al Quran surat Al-Anbiya' ayat 47 yang artinya adalah sebagai berikut: 

“Dan kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tidak seorangpun dirugikan walau sedikit; sekalipun hanya seberat biji sawi, pasti Kami mendatangkannya (pahala). Dan cukuplah Kami yang membuat perhitungan". Marilah mengumpulkan amalan kebaikan yang banyak, agar kelak timbangan kita lebih berat berpihak kepada kenikmatan dan kebahagiaan