Tanda-Tanda Hari Akhir

Tanda-Tanda Hari Akhir atau Hari kiamat itu pasti datang, situasi menjelang kedatangannya banyak sekali kejadian yang mana manusia belum pernah mengenalnya. Pada waktu itu akan terjadi berbagai perubahan yang sangat besar yang belum pernah terjadi atau dilihat manusia. Di antara tanda-tandanya adalah sebagaimana dikemukakan di bawah ini. 
  • Keluarnya Dabbah di Muka Bumi 
Sebagaimana firman Allah swt. dalam Al-Qur'an surat an-Naml (27) ayat 82: 
Artinya: "Dan apabila perkataan (ketentuan masa kehancuran alam) telah berlaku atas mereka, Kami keluarkan makhluk bergerak dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami". 
Dari ayat tersebut jelaslah suatu pemberitahuan tentang akan keluarnya suatu binatang yang akan dapat berbicara kepada manusia, yaitu di saat akan tibanya hari kiamat. 
  • Munculnya Dajjal 
Dajjal mempunyai tanda, di mana nampak di antara kedua matanya ditulis kata kafir dan tulisan itu dapat dibaca oleh semua orang. Di dalam suatu hadits diterangkan bahwa "Dari Qatadah, telah menceritakan kepada kami Anas Ibnu Malik bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad saw. bersabda: Dajjal itu di antara dua matanya ditulis dengan huruf kaf fa' dan ra' yakni kafir" (H.R. Muslim). Selanjutnya, ia termasuk seorang manusia luar biasa yang mempunyai banyak kemampuan dan keistimewaan untuk menyesatkan manusia. 
  • Turunnya Nabi Isa a.s. Firman Allah swt. dalam Al-Qur'an surat An-Nisa' (4) ayat 158-159: 
Artinya: "Tetapi Allah telah mengangkat Isa kehadirat-Nya. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. Tidak ada seorang pun di antara Ahli Kitab yang tidak beriman kepadanya (Isa) menjelang kematiannya. Dan pada hari Kiamat dia (Isa) akan menjadi saksi mereka". 
Dalam ayat di atas diterangkan bahwa Nabi Isa a.s. telah diangkat oleh Allah swt. ke langit (bukan mati disalib) dan di hari menjelang kiamat nanti akan turun ke bumi, tidak lain adalah untuk membunuh Dajjal, di mana kelak semua agama akan menjadi satu, yaitu agama Islam, agama Ibrahim a.s. Diriwayatkan oleh Ibnu Hatim dari Juwairiyah bin Basyir yang berkata, 'Aku mendengar seorang bertanya kepada Al-Hasan, dan beliau menjawab, yang dimaksud dengan sebelum matinya, Nabi Isa kelak ia dibangkitkan kembali oleh Allah swt. dan diberinya kedudukan yang diterima oleh yang saleh maupun fasik. Demikian pula pendapat Qatadah dan Abd al-Rahman bin Aid. 
Juga Ibnu Abbas berkata tentang ayat di atas, menurut riwayat Sufyan al-Tsauri, "Tidak seorang Yahudi mati sebelum ia beriman kepada Isa a.s. dan jika ia dipancung dengan pedang akan mengucapkan iman itu sebelum mati, demikian pula jika ia terjatuh dari pohon, maka ia akan mengucapkan iman sebelum berada di awan". 
  • Terbitnya Matahari dari Sebelah Barat 
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dikatakan sebagai berikut: "Dari Abdullah Ibnu Umar berkata: Dan aku hafal dari Rasul Allah saw. sebuah hadis dan aku tak lupa setelah itu. Tanda-tanda dari kiamat yang dahulu sekali akan terbitnya matahari dari sebelah Barat dan keluarnya binatang itu atas manusia di tengah hari." (HR. Muslim). 
Berdasarkan hadits di atas, nanti pada hari menjelang kiamat, matahari akan terbit dari sebelah barat. 
  • Munculnya Ya’juj dan Ma’juj 
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dikatakan sebagai berikut: Dari Zainab putrinya Jahin, sesungguhnya Rasulullah saw. masuk padanya suatu hari dengan keadaan tertegun sambil bersabda: Tidak ada Tuhan selain Allah dan celaka bagi orang Arab dari kejahatan yang telah dekat di bukunya hari itu dinding Ya'juj dan Ma'juj yang diumpamakan oleh Rasulullah dengan menunjukkan lingkaran ibu jari dan telunjuk, berkata Zainab Ibnu Jahin, maka aku bertanya pada Rasulullah, apabila kita dirusakkan, sedangkan di antara kita termasuk orang yang shaleh? Rasulullah menjawab: Ya. Ketika itu banyak kejahatan". (H.R. Bukhari) 
Berdasarkan hadits tersebut, nanti menjelang hari kiamat makhluk itu dimungkinkan akan keluar, sebagaimana diterangkan di atas bahwa ia suka mengganggu manusia dan hal semacam itu memang sudah menjadi pekerjaannya. Sampai sekarang kita tidak dapat melihat makhluk itu.