Cara Wudhu, Doa Sebelum Wudhu, Doa Setelah Wudhu

Wudhu mempunyai tata cara wudhu dan urutan tertentu serta terdapat doa sebelum dan doa setelah wudhu. Berwudhu ini adalah wajib dilaksanakan setiap orang muslim baik laki-laki maupun perempuan yang akan mengerjakan sholat karena wudhu ini adalah merupakan syarat sahnya shalat. Disamping wudhu, kita juga perlu memperhatikan hal-hal yang wajib dalam wudhu, sunnah-sunnah dalam wudhu, hal-hal yang makruh dalam wudhu dan hal-hal yang membatalkan wudhu.

Bagaimana tata cara wudhu, apa saja bacaan atau doa sebelum wudhu dan doa sesudah wudhu. Berikut ini adalah ulasan singkat tentang tata cara berwudhu berserta doa berwudhu baik sebelum dan doa sesudah wudhu.

Adapun tata cara dan urutan mengerjakan wudhu adalah sebagai berikut :
  • Membaca kalimat basmallah yaitu Bismillahirrohmanirrohim sambil mencuci kedua belah tangan sampai dengan pergelangan tangan hingga bersih.
  • Setelah selesai membersihkan tangan, dilanjutkan dengan berkumur-kumur tiga kali sambil membersihkan gigi.
  • Setelah berkumur, selanjutnya adalah mencuci lubang hidung tiga kali
  • Setelah mencuci lubang hidung, selanjutnya adalah mencuci muka tiga kali mulai dari tempat dimana tumbuhnya rambut kepala hingga bawah dagu dan dari telinga kanan ke telinga kiri sambil membaca doa niat wudhu yaitu sebagai berikut :
نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِلْ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَا لَى
Nawaitul wudluu-a liraf’il  hadatsil  ashghari fardlan lillaahi ta’aala.
Artinya : Aku niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardhu karena Allah.
  • Setelah membasuh muka [mencuci muka dengan bagian-bagiannya seperti yang tersebut pada nomer 4], kemudian mencuci kedua belah tangan hingga sampai pada siku-siku tangan dalam tiga kali.
  • Setelah mencucui kedua belah tangan hingga siku-siku tangan, kemudian menyapu sebagian rambut kepala tiga kali.
  • Selesai menyapu sebagian rambut kepada,kemudian dilanjutkan dengan menyapu kedua belah telinga tiga kali.
  • Dan urutan yang terakhir yaitu mencuci kedua belah kaki tiga kali dari/sampai mata kaki.
Itulah rangkaian urutan cara wudhu. Dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan urutan tata cara wudhu di atas, wajib dikerjakan dengan berturut-turut yang artinya yang harus dahulu maka didahulukan dan yang harus akhir maka di akhirkan [seperti urutan tata cara wudhu di atas]

Berikut ini adalah gambar-gambar ilustrasi tata cara wudhu yang sudah runtut/berurutan.

Setelah urutan tata cara di atas selesai, maka di akhiri dengan membaca bacaan doa setelah wudhu yaitu sebagai berikut :
اَشْهَدُ اَنْ لَااِله الّا الله وحده لاشريك له واشهد انّ محمّد عبده ورسول. اللّهمّ اجعلنى من التّوّابين واجعلنى من المتطهّرين واجعلنى من عبادك الصّالحين

Asy-hadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalahu wa asy-hadu anna Muhammad ‘abduhu wara-suuluhu. Allaahummaj ‘alnii minat tawwaabiina, waj ‘alnii minal mutathahhiriina waj ‘alni min ‘ibadikash shaalihina.

Artinya : Aku bersaksi tiada tuhan melainkan Allah dan tidak ada yang menyekutukan bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Ya Allah jadikanlah orang yang ahli tobat dan jadikanlah aku orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang sholeh.

Posting Komentar untuk "Cara Wudhu, Doa Sebelum Wudhu, Doa Setelah Wudhu"