Teman Masjid yang Baik untuk Anak

Yang dimaksud dengan teman masjid adalah teman sebaya anak yang sama-sama pergi shalat berjamaah dan shalat Jum'at, serta menghadiri pengajian yang diadakan di masjid kampung­nya.

Anak yang biasa pergi ke masjid atas kemauannya sendiri atau hasil arahan kedua orangtuanya dan pendidiknya, ia adalah anak yang mempunyai iman dan taat kepada Allah, patuh kepada ajaran Islam, baik terhadap perintah ataupun larangannya. Anak seperti inilah yang dapat diharapkan kebaikannya, diharapkan manfaat dan perbaikan.

Jika anak yang sudah biasa pergi ke masjid mendapatkan pengarah, pemberi pelajaran dan pendidik yang mendasarkan pada landasan Islam yang kokoh, prinsip-prinsip etika yang lurus, kesadaran berpikir yang universal, maka anak tersebut, Insya Allah akan menjadi orang yang mampu memberikan harapan da­lam membangun masyarakat Islam, dan mendirikan Daulah Islam yang kokoh.

Yang menjadi peringatan adalah bahwa teman kampung dan teman masjid, keduanya harus senada, seirama, tidak boleh terpisah satu sama lain. Apalah gunanya bergaul dengan teman sekampung jika ia tidak suka shalat dan tidak suka pergi ke masjid?

Jika kita teliti dalam memilih teman yang paling baik untuk dijadikan teman anak kita, yang dipilih adalah anak yang selalu pergi ke masjid, yang baik dan saleh. Sebab, mereka masih me­miliki fitrah yang suci, memiliki iman yang murni dan akhlak mulia.

Di sini, tibalah saat pendidik dan para orang tua untuk mengawasi anak dan teman bergaulnya, mengawasi kerajinan dalam hal mengerjakan shalat berjamaah, menghadiri pengajian yang diadakan di masjid, menghadiri pengajian mempelajari Al-Qur'an, membaguskan bacaan yang dikelola oleh para ahli qiraat.

Pendidik, hendaknya tidak lalai terhadap segi pemberian stimulan kepada anak dalam menghadiri masjid. Sehingga, tanpa diperintah lagi, mereka pergi untuk mengerjakan shalat tepat pada waktunya, senantiasa menghadiri kalakah Al-Qur'an dan pengajian umum yang mempelajari ilmu syari'at pada waktu-waktu tertentu.

Sekali lagi, hendaknya kita pandai-pandai memilih teman masjid bagi anak, yang baik dan saleh, dengan tidak henti-hentinya memberikan pengawasan, memberikan dorongan, agar anak kita termasuk golongan Muslim yang Suci, orang-orang saleh pilihan. Insya Allah. Amiin....

Posting Komentar untuk "Teman Masjid yang Baik untuk Anak"