Menyediakan Sarana Prasarana Pendidikan Anak

Menyediakan sarana prasarana pendidikan sesuai dengan kultur islami akan sangat menentukan keberhasilan dalam membentuk intelektual anak dan mempersiapkan mental spiritualnya anak serta ilmu pengetahuan modern yang dapat berguna bagi dunia dan agama.

Apa saja sarana dan prasarana pendidikan yang bermanfaat untuk menciptakan generasi muda yang islami tangguh dalam intelektual baik dunia dan akhirat?

Kita semua baik individu, kelompok, masyarakat maupun pemerintah mempunyai kewajiban memberi pengajaran dan pendidikan kepada orang-orang yang berhak menerimanya, maka mereka harus me­nyediakan sarana prasarana pendidikan kultural yang bermanfaat dan bervariasi hingga anak-anak berpikiran matang, hidupnya terbentuk dari segi akal dan intelektualnya.

Sarana prasarana pendidikan yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut : 
1. Mendirikan sarana prasarana pendidikan berupa perpustakaan khusus anak-anak. Sarana prasarana perpustakaan yang baik hendaknya yang baik sesuai dengan kultur islami.
2. Menyediakan sarana prasarana berupa langganan majalah mingguan atau bulanan

Sarana prasarana ini diharuskan mempunyai karakter dan ciri-ciri seperti tersebut di bawah ini:
  1. Secara pasti sudah ditelaah dan diketahui orientasinya adalah Islam atau ilmu pengetahuan saja.
  2. Tim atau redaksi pengarangnya sebaiknya dan harusnya tidak dari orang yang anti islam.
  3. Berisi tulisan yang membahas tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan pria dan wanita dalam tingkat umur yang berbeda-beda.
  4. Tidak berisi gambar-gambar yang bertentangan dengan keutamaan dan akhlak.
  5. Tidak ada dan tidak pernah memuat tulisan-tulisan yang meracuni Islam..
Ciri-ciri majalah tersebut di atas adalah sebagai pelengkap perpustaka­an rumah anda, yang dapat dibawa oleh putra-putri anda.

3. Menyediakan sarana prasarana pendidikan berupa berlangganan berupa majalah-majalah bermutu lainnya yang terbit di seluruh Dunia Islam.

Beberapa contoh majalah tersebut antara lain:   Majalah Al-Hadharah, Suriah, Majalah Al-Mujtama’, Kuwait, Majalah Al-Wa'yu 'l-Islami, Kuwait, Majalah Al-Ba'tsu 'l-Islami, India, Majalah Ad-Da'wah, Mesir, Majalah Al-I'tisham, Mesir, Majalah Al-Azhar, Mesir.

4. Menyediakan dan Menggunakan sarana prasarana pendidikan berupa Slide dan Film

Media ini adalah merupakan sarana prasarana pendidikan kultural yang bermanfaat dan berfungsi untuk menumbuhkan indera anak serta mengokohkan kulturnya. Melalui sarana prasarana slide dan film rumah yang dipergunakan untuk mempertunjukkan film-film yang berhubungan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kemegahan sejarah, pengetahuan geografis dan pengetahuan edukatif.

Dengan demikian anak menjadi bersemangat, bergairah dan kuat. kesiagaannya ketika dengan mata kepalanya ia melihat realitas ilmu pengetahuan dan sejarah yang terpersonifikasikan dalam pemandangan secara visual yang dapat dilihat dengan mata melalui gambar yang jelas dan hidup?

Suatu contoh berbagai kajian ilmu pengetahuan akan meresap dalam otak sang anak ketika ia melihat tata cara pelaksanaan ibadah haji, umpamanya, yang ditampilkan secara hidup dan nyata di hadapan mata pada anak. Difilmkan dari awal permulaan haji hingga selesai dalam beberapa saat tanpa meninggalkan satu bagian penting dari pelaksanaan ibadah haji tersebut.

Melalui sarana prasaran pendidikan berupa slide dan film juga akan membuat anak bergembira dan bersuka cita ketika melihat film, ia dapat mengetahui negara-negara Islam. Sehingga, tergeraklah perasaan iman terhadap masalah itu, dan bergetar hatinya yang bening, lantaran adanya hubungan antara dirinya dengan apa yang dilihatnya, yakni hubungan akidah dan persaudaraan Islam.

Dengan sarana prasarana pendidikan ini, anak dapat menguasai ilmu tertentu ketika ia melihat kenyataan yang secara jelas dipertunjukkan di depan mata kepalanya.

Metode dengan menggunakan sarana prasarana pendidikan berupa slide dan dilm seperti ini adalah metode yang paling efektif dalam universalitas kultural anak dan me­ngokohkan benaknya agar mereka bersikap antusias.

Oleh sebab itu, para pendidik, guru dan juga orang tua hendaknya berusaha mempersiapkan dan menjamin usaha secara terus menerus, baik dengan membeli, menyewa atau meminjam sarana prasarana pendidikan tersebut yang tentunya dengan kontens video yang sesuai.

Yang perlu dan harus menjadi perhatian dalam penggunaan sarana dan prasarana pendidikan berupa slide dan film adalah, bahwa orang-orang yang berkecimpung di dunia Islam, hendaknya semua pihak yang terkait berusaha sebisa mungkin untuk membentuk suatu lembaga yang menangani prosedur pembuatan dan sensor untuk memproduksi film-film ilmiah, sejarah, geografis dan pendidikan yang sesuai dengan akal pikiran dan usia anak-anak. Hal ini bertujuan agar dapat ditonton oleh anak-anak secara merata, baik rumah, kampung maupun kota. Sehingga tidak menjadi keraguan lagi bagi kita, bahwa film yang sesuai dengan kultural islam akan meninggalkan bekas yang sangat dalam terhadap pengajaran anak, pemasukan penge­tahuan keluarga dan dalam usaha memperbaiki masyarakat.

5. Menyediakan dan menggunakan sarana dan prasarana pendidikan berupa Alat Peraga

Sarana dan prasarana pendidikan ini bermanfaat dalam mengajar anak akan membekalinya dengan pengetahuan, adalah dengan menggunakan alat peraga yang menjelaskan sesuatu yang sulit diterangkan dengan lisan saja.

Sarana dan prasarana alat peraga untuk pendidikan ini dapat berfungsi dan dipergunakan untuk hal-hal di bawah ini:
  • Menampilkan gambar-gambar geografi, untuk dijelaskan kepada anak-anak tentang Dunia Islam dan Dunia pada umumnya.
  • Menampilkan gambar-gambar dari negara-negara Islam yang dijelaskan tentang kemakmuran mereka, masjid-masjid, pabrik-pabrik dan segala sesuatu yang berkait dengan segala situasi secara umum.
  • Menampilkan gambar-gambar yang mengungkapkan kultur Islam sepanjang sejarah, tujuannya adalah agar anak melihat dengan mata mereka sendiri apa yang dibangun oleh nenek moyang, yakni peradaban, kemajuan dan ilmu pengetahuan.
  • Menampilkan gambar-gambar yang menjelaskan kepada anak garis-garis yang menerangkan perjalanan penaklukan Islam sepanjang sejarah (daerah-daerah), yang secara damai Islam masuk ke tempat itu.
  • Menampilkan gambar-gambar yang menjelaskan kepada anak tentang alat-alat perang yang dipergunakan oleh nenek moyang dalam jihad dan menyebarkan Islam.
  • Menampilkan gambar-gambar lain yang dapat menjelaskan dan menerangkan kepada anak mengenai ilmu pengetahuan, kesusasteraan dan sejarah.
Hendaknya dan sebaiknya juga menampilkan gambar-gambar lain yang dapat membantu anak dalam upaya memperkokoh resapan ilmu pengetahuan dalam benaknya. Oleh karena itu, sedapat mungkin para pendidik, guru dan orang tua harus mempergunakan sarana prasarana alat peraga ini dalam setiap mengajarkan suatu ilmu pengetahuan yang memang harus menggunakan alat peraga.

6. Mengunjungi Musium dalam Setiap Kesempatan

Sarana prasaran musium merupakan sarana pendidikan yang tidak kalah penting dalam menciptakan sikap anak. Mengunjungi musium yang dikoordinasi oleh pendidik, baik musium yang berada di negara sendiri atau yang terdapat di negara Islam lainnya.

Tujuan dari mengunjungi sarana prasaran musin ini diharapkan akan dapat membukakan ufuk di hadapan anak, dalam ilmu pengetahuan, kebudayaan dan pengetahuan sejarah. Dengan mengunjungi musium bersejarah, berarti menjalin hubungan antara anak dengan kejayaan generasi terdahulu. Dengan demikian, dapat memperkuat diri anak suatu perasaan mental spiritual untuk membulatkan tekad dalam membangun kembali kejayaan Islam, mendirikan daulah Islamiyah dan memperkokoh pilar-pilar kebudayaan, seperti yang pernah direalisasikan oleh generasi pendahulu sepanjang sejarah.

Sebaiknya pendidik, guru termasuk orang tua bisa memilih dan menentukan waktu tertentu untuk mengunjungi musium bersama anak-anak, sehingga mereka mengenal makna-makna kemuliaan, kejayaan, kemegahan dan kebangkitan. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepadn yang berkata: itu adalah peninggalan kami yang menunjukkan kepada kita kejayaan kami lihatlah peninggalan itu setelah kami tiada

7. Mengunjungi sarana Perpustakaan Umum, Jika ada Kesempatan

Metode edukatif yang lain adalah dengan mengunjungi sarana dan prasarana perpustakaan umum, jika ada kesempatan, baik perpustakaan peninggalan sejarah atau yang sengaja diadakan. Kegunaan, fungsi dan tujuan dari mengunjung sarana pendidikan berupa perpustakaan ini adalah untuk melatih anak-anak, bagaimana caranya meminjam buku, baik untuk langganan atau keperluan secara tiba-tiba. Dengan sarana perpustakaan diharapkan juga untuk membiasakan anak berani bersikap sopan-santun, membiasakan mengunjungi tempat-tempat umum dengan menjaga peraturan-peraturannya, dan mengunjungi pusat-pusat ilmu pengetahuan.

Selain itu, terdapat manfaat atau faedah kultural lainnya berupa pengetahuan tentang peninggalan Islam yang berhubungan dengan alam pikiran, ilmu pengetahuan dan kebudayaan, di samping menyingkap ideologi Islam yang universal tentang alam semesta, kehidupan dan manusia. Juga membuka ufuk baru tentang kebangkitan kultur yang dilakukan oleh generasi terdahulu di sepanjang sejarah.

Oleh sebab itu, para pendidik, orang tua, guru jika memang ada kesempatan ajaklah anak anda, anak didik anda untuk berkunjung ke musium bersama, janganlah menyia-nyiakan kesem­patan ini, sehingga mereka mendapatkan nilai-nilai tersebut.

Apabila anda tidak mempunyai kesempatan pergi bersama anak-anak, maka izinkanlah mereka pergi bersama gurunya di sekolah atau orang yang berkepentingan dalam dunia pendidikan, agar anak-anak mendapatkan banyak masukan pengetahuan tentang kunjungan ke tempat-tempat sumber ilmu pengetahuan.

Demikianlah, sarana prasarana pendidikan yang bermanfaat dalam membentuk intelektual anak dan mempersiapkan mental spiritualnya. Harapan kita adalah mudah-mudahan kita bisa melihat anak-anak kita, anak didik kita yang dalam waktu tidak begitu lama, telah matang akal pikirannya, luas juga dalam ilmu pengetahuannya, di samping terjalin hubungan yang tidak dapat dipisahkan dengan Islam sebagai akidah dan ideologi, sejarah Islam dengan perasaan dan semangat, dan dengan kultur Islam yang dibanggakan dan diteladani, termasuk  ilmu pengetahuan modern yang bermanfaat untuk dunia dan  agamanya.

Posting Komentar untuk "Menyediakan Sarana Prasarana Pendidikan Anak"