Adab Datang Bertamu dan Pulang dari Bertamu

Pada pembahasan tentang mengucapkan salam lebih dahulu mempunyai beberapa keutamaan bagi orang yang melakukannya karena yang memberi salam terlebih dahulu adalah mereka yang paling dekat dengan Allah.

Menyambung bahasan tersebut berikut ini beberapa keterangan dalam Al-Qur'an dan hadits yang menerangkan dan menjelaskan tentang adab yang sebaiknya dan hendaknya kita kerjakan dalam bertamu khususnya untuk mengucapkan salam ketika datang bertamu dan juga pergi dari bertamu atau pergi meninggalkan teman atau orang lain terlebih dahulu. 

Berikut adalah beberapa adab dalam bertamu

1. Mengucapkan salam dan larangan masuk rumah orang sebelum dipersilahkan

Dalil hadits Nabi berikut ini menjelaskan kepada kita agar jangan sekali-kali kita memasuki rumah tetangga atau rumah orang lain tanpa terlebih dahulu mengucapkan salam dan Janganlah kita masuk ke rumah tersebut sebelum minta izin serta dipersilahkan masuk.

Dalam Firman Allah swt dalam Al Qur'an Al-Karim yang berbunyi :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تَدۡخُلُواْ بُيُوتًا غَيۡرَ بُيُوتِكُمۡ حَتَّىٰ تَسۡتَأۡنِسُواْ وَتُسَلِّمُواْ عَلَىٰٓ أَهۡلِهَاۚ ذَٰلِكُمۡ خَيۡرٞ لَّكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُونَ. فَإِن لَّمۡ تَجِدُواْ فِيهَآ أَحَدٗا فَلَا تَدۡخُلُوهَا حَتَّىٰ يُؤۡذَنَ لَكُمۡۖ وَإِن قِيلَ لَكُمُ ٱرۡجِعُواْ فَٱرۡجِعُواْۖ هُوَ أَزۡكَىٰ لَكُمۡۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعۡمَلُونَ عَلِيمٞ

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat. Jika kamu tidak menemui seorangpun didalamnya, maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. Dan jika dikatakan kepadamu: "Kembali (saja)lah, maka hendaklah kamu kembali. Itu bersih bagimu dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (An-Nur : 27-28)

2. Sopan ketika mendatangi rumah orang lain

Bagaimana ajaran Nabi tentang cara yang sopan ketika mendatangi atau bertamu ke rumah orang lai? Diterangkan dalam sebuah Hadits Nabi Muhammad saw.,   

 إِذَا أَتَى بَابَ قَوْمٍ لَمْ يَسْتَقْبِلِ الْبَابَ مِنْ تِلْقَاءِ وَجْهِهِ ، وَلَكِنْ مِنْ رُكْنِهِ الأَيْمَنِ أَوِ الأَيْسَرِ وَيَقُولُ : " السَّلامُ عَلَيْكُمْ ، السَّلامُ عَلَيْكُمْ 

Artinya : "Apabila seseorang yang sopan mendatangi pintu rumah, suatu kaum, ia tidak menghadap ke pintu itu dari arah muka, tetapi dari sampingnya yang kanan atau yang kri dan ia mengucapkan Assalamu'alaikum" (HR. Abu Daud).

3. Mengucapkan salam ketika pergi

Mengucapkan salam ketika pergi tidak hanya dikerjakan ketika pulang dari bertamu, tetapi juga dikerjakan ketika kita meninggalkan suatu majlis atau bertemu dengan teman dan kemudian kita pergi berpamitan dengan teman atau orang lain sesama muslim dengan mengucapkan salam. 

Dalil Hadits Nabi Muhammad saw. :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ : " إِذَا انْتَهَى أَحَدُكُمْ إِلَى الْمَجْلِسِ فَلْيُسَلِّمْ ، فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَقُومَ فَلْيُسَلِّمْ ، فَلَيْسَ الأَوَّلُ بِأَحَقَّ مِنَ الآخِرِ

Artinya : Abu Hurarirah ra. berkata : Rasulullah saw bersabda : Bila telah sampai salah seorang kamu ke majlis, hendaklah memberi salam, dan bila bangun akan meninggalkan majlis hendaklah mengucapkan salam. Bukankah yang pertama itu lebih baik dari yang kedua. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi.)

Demikianlah islam mengajarkan tentang adab dalam bertamu. Adab ini juga dapat di implementasikan ketika berada dalam sebuah majlis pertemuan atau bertemu dengan orang lain atau teman sesama muslim, yaitu ketika bertemu mengucapkan salam dan menjawab salam serta ketika berpisah juga saling mengucapkan dan menjawab salam. Karena hal yang demikian itu adalah merupakan sunnah Nabi dan juga dikerjakan oleh Nabi sebagaimana dalam sabda beliau di atas.

Posting Komentar untuk "Adab Datang Bertamu dan Pulang dari Bertamu"