Lima Amalam Istimewa Anjuran Rasulullah

Nabi Muhammad Rasulullah saw. berwasiat dan menyampaikan lima amalan istimewa yang berdampak pada berbagai macam keuntungan bagi umat Islam yang mau mengerjakannnya dengan syarat mengerjakan dengan konsisten, tekun dan juga berniat hanya karena Allah. Apa saja lima amalan-amalan tersebut?

Amalan-amalan istimewa yang disampaikan Nabi saw. adalah sebagai berikut :

Amalan Pertama Memperbanyak sholat Dhuha

Apabila seorang mukmin menginginkan rezeki yang diperolehnya berkah, maka kerjakanlah sholat dhuha. Ibadah sholat dhuha merupakan suatu bentuk permohonan seorang hamba kepada Allah yang menciptkan yang mempunyai tubuh manusia untuk melimpahkan berbagai rezeki yang berkah dan halal. 

Di samping itu, sholat dhuha juga merupakan salah satu bagian dari energi yang dapat menjadikan kinerja sistem dalam tubuh manusia ini menjadi lebih baik. Sehingga energi sholat dhuha ini menjadi suatu kebutuhan tubuh untuk dapat mendorong, memacu setiap aktifitas yang dikerjakan setiap hari menjadi lebih baik, menambah daya semangat dalam mengerjakan segala perbuatan dan akhlak yang mulia dan baik dengan konsisten.

Amalan Kedua Memperbanyak mengerjakan sholat malam


Apabila menginginkan alam barzah atau kuburan diterangkan, kata Rasulullah, perbanyaklah mengerjakan qiyamullail (sholat malam). 

Rasulullah Nabi Muhammad saw. bersabda bahwa setiap malamnya kuburan kita memanggil (jika manusia peka). Oleh sebab itu, apabila kita menginginkan kuburan kita diterangkan, maka tidak ada jalan lain untuk membawa penerangan alam kubur, kecuali dengan jalan bis shalatillail yaitu mengerjakan sholat malam. secara tekun, konsisten dan ikhlas hanya karena Allah.

Sahabat Nabi, Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq yang telah dijamin akan masuk surga, ketika mengerjakan sholat malam beliau selalu menangis sehingga pada suatu ketika Nabi saw, bertanya kepada Abu Bakar As-Shiddiq.

"Mengapa engkau selalu menangis ketika sholat tahajud padahal jaminan Allah sudah kau dapatkan (masuk surga)? Abu Bakar menjawab : Ya Rasul, seandainya aku dimasukkan ke dalam neraka, 'enak' karena disiksanya bersamaan (bareng-bareng). Tapi, bila disiksa di dalam kubur, sungguh sangat menyeramkan karena cuma sendirian"

Amalan Ketiga Memperbanyak berpuasa dan bersedekah

Puasa yang di maksud adalah baik puasa wajib dan puasa sunnah. Amalan ini mempunyai keuntungan dan manfaat dapat memudahkan dalam menyeberang jembatan sirathal mustaqim kelak nanti di hari kiamat.


Di samping itu, keutamaan dan manfaat puasa ramadhan adalah dapat masuk surga melalui pintu khusus atau istimewa yaitu pintu ar-rayyan. Dengan berpuasa akan benar-benar menguji kejujuran manusia karena puasa ini hanya diketahui oleh pelaku puasa dan Allah semata. Oleh sebab itu, orang mukmin yang berpuasa Ramadhan akan dimasukkan oleh Allah ke surga secara rahasia.

Amalan istimewa yang ketiga selain puasa adalah bersedekah. Dimana dengan bersedekah juga dapat menjadi jalan bagi seorang mukmin untuk dimasukkan ke dalam surga. Sebagaimana kata Rasulullah saw. : "Setiap orang yang meninggal maka segala halnya akan terputus kecuali tiga perkara, salah satunya amal jariyah (bersedekah)".

Amalan Keempat Memperbanyak membaca Kitabullah Al-Qur'an Al-Karim

Apabila kita menginginkan untuk dimudahkan dalam menjawab pertanyaan kubur dari malaikat munkar dan nakir, maka perbanyaklah Qira'atul Qur'an (membaca al-Qur'an).

Rasulullah Nabi Muhammad saw. pernah melakukan dialog bersama para sahabat dan mengatakan kepada para sahabat beliau :

"Wahai shahabat, di dunia ini seseungguhnya Allah mempunyai keluarga."
Shahabat bertanya, "Siapakah keluarga Allah itu ya Rasul?"
Kata Rasulullah, "Dialah yang senang membaca Al-Qur'an"

Amalan Kelima Memperbanyak Dzikir kepada Allah.

Apabila kita ingin dimudahkan kelak di akhirat, maka perbanyaklah berdzikir kepada Allah atau dzikrullah. Dzikir dapar melindungi kita dari api neraka serta dzikir mempunyai berbagai manfaat dan keutamaan.

Seringlah mengucapkan kalimat La ilaha illallah yang artinya tiada tuhan selain Allah. Bahkan menurut Imam-Al-Ghazali setelah mengucapkan dzikrullah, hendaknya tidak minum dalam waktu lima belas menit karena kotoran (daki) di dalam hati kita tengah rontok.

Demikianlah lima amalan-amalan istimewa wasiat dari Nabi Muhammad Rasulullah saw. yang apabila kita dapat melaksanakannya secara rutin, terus-menerus dan konsisten, fa insya Allah kita akan mendapatkan berbagai macam manfaat dan keuntungan sebagaimana yang sudah diterangkan di atas yang mana berbagai macam keuntungan tersebut adalah merupakan dambaan bagi setiap mukmin.

Posting Komentar untuk "Lima Amalam Istimewa Anjuran Rasulullah"