Agar Dicintai Banyak Orang & Menjadi Ahli Surga

Dicintai banyak orang adalah sebuah anugerah terindah sehingga kita menjadi sosok yang disukai dan dirindukan oleh banyak orang. Berikut ini adalah  petuah dari seorang hakim yang bernama Lukman al-Hakim. Dia berasal dari Habsyah Etiopia, seorang budak dengan telapak kaki yang kasar, berkulit hitam. Rumahnya selalu penuh sesak didatangi oleh banyak orang. Beliau sangat dikagumi dan dicintai oleh banyak orang, banyak orang yang ingin mendatanginya menantikan kata-kata hikmah darinya.

Bagaimana agar bisa menjadi seperti beliau yang dicintai banyak orang?

Alkisah, dikarenakan banyak orang yang iri dengan ketenarannya serta banyak dicintai orang, maka Lukman pun menemui keponakannya laki-laki dan bertanya: Menurutmu, apa  gerangan  yang  menarik dari diriku? Keponakannya pun heran dan berkata: Aku terheran kenapa banyak orang mendatangimu sehingga pintumu dipadatin penuh orang, dan anehnya lagi mereka senantiasa ridha dengan kata-kata dan ucapan baikmu?

Kemudian Hakim Lukman al-Hakim berkata, "Wahai keponakanku, apabila kamu melakukan apa saja saranku, maka engkau pun akan memperoleh kedudukan seperti yang aku dapat. Kemudian keponakannya bertanya : apa saja yang engkau lakukan?. 

Dan menjawab Lukman al-Hakim : 
3. Aku tindak iffah dalam makananku (selalu memakan yang dihalalkan)
6. Aku memuliakan tamuku; 
8. Aku meninggalkan semua yang tidak berguna bagiku. 
Itulah yang aku lakukan dan telah menjadikan aku menjadi bermartabat, dicintai banyak orang seperti yang sedang kamu lihat."

Itulah delapan perilaku yang telah dikerjakan oleh Lukman yang menjadikan belai menjadi orang yang dihormati, terkenal,disenangi dan dicintai oleh orang banyak. Sesungguhnya delapan hal yang dilakukan oleh Lukman adakah merupakan sifat-sifat utama yang diperintahkan dan diajarkan dalam ajaran Islam untuk menutup pintu-pintu timbulnya dosa-dosa besar. Juga kedelapan sifat utama tersebut akan dapat mencegah dosa-dosa kecil menjadi dosa yang besar serta menjadi ciri-ciri dari orang yang ahli surga.

Delapan hal yang dipilih Luqman dan dijadikannya sebagai alasan, mengapa dia disenangi orang banyak dan terkenal sebagai orang yang sangat bijak. Karena delapan hal tersebut merupakan sifat-sifat inti yang diperintahkan agama Islam, untuk menutup pintu dosa-dosa besar dan menjadi ciri ahli surga.

Diriwayatkan dalam sebuah dalil Hadits : berkata Abu Umamah: Aku mendengar Rasul Saw. bersabda :

Jaminlah aku enam hal, pasti aku jamin kamu sekalian masuk surga; apabila salah seorang dari kamu berbicara, maka janganlah berdusta; apabila dipercaya, maka janganlah khianat; apabila berjanji, maka janganlah ingkar; tundukkanlah matamu; tahanlah  tanganmu  dari berbuat kejahatan;  dan  peliharalah kemaluanmu'.'' (HR. at-Thabrani, Ibnu Hibban, dan Khathib al-Baghdadi)

Dari dalil hadits Nabi yang lain riwayat Imam al-Bukhari dijelaskan:

Barang siapa yang menjaga antara dua rahangnya (mulut) dan antara dua kakinya (kemaluan) aku jamin dia masuk surga." 

Islam melarang umatnya untuk memakan makanan yang haram ataupun makanan yang syubhat yaitu belum pasti kehalalannya. Berlaku iffah (tidak memakan makanan yang haram atau syubhat) adalah merupakan syarat dari masuk syurga karena orang yang dilindungi dari api neraka adalah mereka yang memakan makanan yang halal.

Juga hadits diriwayatkan dari Abdullah bin Umar Ra. beliau berkata :

Adalah seorang di bawah tanggungan Rasulullah Saw. bernama Kirkiroh, kemudian dia meninggal. Namun, Rasulullah Saw berkata bahwa Kirkiroh akan masuk ke neraka. Maka itu, para sahabat pergi memeriksanya, ternyata mereka menemukan sebuah baju jubah hasil tipuan." (Sahih Bukhari).

Dalam sebuah Atsar yaitu segala sesuatu yang datang selain dari Rasul saw, yaitu dari para shahabat Nabi, para tabi'in, atau generasi setelah mereka menyebutkan bahwa, Barangsiapa yang tidak memperdulikan dari mana mereka mendapatkan makanan, maka Allah tidak akan peduli kepada mereka dari pintu mana mereka akan dimasukkan ke dalam neraka

Dalam ajaran islam, terdapat adab etika dalam bertamu, memuliakan tamu adalah salah satunya dan menjaga hubungan yang baik antara tetangga. Kedua perilaku ini juga menjadi sebagian kecil dari tanda bukti keimanan seseorang yang ahli surga. 

Demikian sifat-sifat yang dimiliki oleh Lukman A-hakim. Perilaku dan sifat tersebut di atas adalah merupakan  ciri-ciri dari orang yang  ahli  surga. Barangsiapa yang berperilaku dan bersikap sebagai ahli surga, maka pasti ia akan menjadi kekasih Allah yang akan selalu mendapatkan bimbingan dari Allah swt dalam berperilaku baik melihat, mendengar maupun berucap.

Posting Komentar untuk "Agar Dicintai Banyak Orang & Menjadi Ahli Surga"