Cara Mengoptimalkan Keutamaan Bulan Puasa Ramadhan

Bulan puasa ramadhan adalah salah satu bulan yang istimewa dalam ajaran Islam. Keistimewaan ini terlihat jelas bahwa dari banyaknya bulan yang ada, hanya bulan Ramadhan saja yang disebutkan di dalam al-Qur’an sebagaimana firman Allah swt dalam al-Qur’an di bawah ini:

أَيَّامٗا مَّعۡدُودَٰتٖۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٖ فَعِدَّةٞ مِّنۡ أَيَّامٍ أُخَرَۚ وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدۡيَةٞ طَعَامُ مِسۡكِينٖۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيۡرٗا فَهُوَ خَيۡرٞ لَّهُۥۚ وَأَن تَصُومُواْ خَيۡرٞ لَّكُمۡ إِن كُنتُمۡ تَعۡلَمُونَ

Artinya: (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. (QS. Al-baqarah: 184)

Diriwayatkan dalam sebuah hadits, dalam sebuah doa Rasulullah saw. dan para sahabat sudah mempersiapkan diri dan menanti-nanti kedatangan bulan suci bulan puasa Ramadhan. Rasulullah dan para sahabat pada enam bulan sebelum datangnya bulan puasa bulan ramadhan yaitu sejak bulan rajab sering berdo’a sebagai berikut: Ya Allah, berkatilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan antarkan kami sampai bulan Ramadhan. Hadits Riwayat al-Bazzar, Ibnu Sunny, al-Baihaqi)

http://islamiwiki.blogspot.com/
Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. sangat mengagungkan bulan suci bulan puasa Ramadhan. Menjelang kedatangan bulan puasa Ramadhan, Nabi saw. mengingatkan kepada umatnya dengan memberikan tausyiahnya sebagai berikut:

Telah datang kepada kamu sekalian bulan yang penuh keberkahan, di dalamnya Allah mewajibkan untuk berpuasa, pintu-pintu surga dibuka lebar, dan pintu-pintu neraka ditutup dengan rapat, serta para petinggi syetan dibelenggu. Allah mempunyai satu malam yang lebih baik dari seribu bulan di dalam bulan Ramadhan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikan di malam itu, sungguh dia sangat merugi. (HR. An-Nasa’i)

Keutamaan bulan Puasa Ramadhan

Bulan Ramadhan hanya satu bulan dalam satu tahun. Dan setiap setahun sekali bulan puasa Ramadhan ini disambut seperti layaknya tamu agung dan mulia yang merupalan anugerah Allah swt. bagi kaum Muslim. Apabila ditelaah dari berbagai sumber dalil dalam al-Qur’an dan sabda Nabi, bulan puasa Ramadhan memiliki berbagai macam keutamaan. Keutamaan-keutamaan bulan puasa Ramadhan antara lain sebagai berikut:

Keutamaan pertama dilipatgandakannya 70 kali lipat setiap amal kebaikan

Pada bulan-bulan biasa, setiap niat kebaikan akan dinilai sebagai pahala 1 kebaikan dan apabila niat tersebut dilaksanakan maka amal kebaikan yang dikerjakan oleh umat Islam tersebut akan dilipatgandakan 10 kali lipat. Namun pada bulan puasa Ramadhan, maka amalan yang wajib akan dilipatgandakan 70 kali lipat dan amalan yang sunnah disamakan pahalanya seperti amalan wajib di luar bulan puasa Ramadhan. Suatu contoh, apabila seseorang mengerjakan sholat sunnah di bulan puasa Ramadhan, maka pahalanya adalah sama dengan pahala mengerjakan sholat wajib.

Keutamaan kedua bulan puasa Ramadhan adalah diwajibkan bagi setiap muslim untuk berpuasa

Puasa adalah ibadah yang spesial. Sebagaimana dalil hadits sabda Nabi yang artinya: Setiap amalan anak cucu Adam akan dilipatgandakan. Satu kebajikan dilipatgandakan 10 kali sampai 700 kali lipat, kecuali puasa. Puasa adalah milik-Ku dan Akulah yang akan langsung membalasnya. (HR. Muslim)

Baca juga

Keutamaan ketiga bulan puasa Ramadhan adalah diturunkannya Al-Qur’an

Pada bulan Ramadhan inilah, Allah swt. menurunkan Al-Qur’an. Sebagaimana maksud yang tertera pada wahyu pertama yang turun adalah anjuran untuk membaca. Oleh sebab itu kita sebagai orang muslim dianjurkan untuk rajin membaca al-Qur’an. Dan pada bulan Ramadhan inilah pada tiap-tiap rumah, Musholla, Masjid di setiap pelosok daerah hingga di seluruh dunia bergema dan menggema saling sahut menyahut membaca/bertilawatul Qur’an.

Dai seorang Imam yang bernama Az-Zuhri, beliau menyatakan bahwa tidak ada amalan yang lebih baik setelah amalan puasa dan membaca al-Qur’an atau tilawatul qur’an pada bulan puasa Ramadhan.


Keutamaan ke empat di bulan puasa Ramadhan adalah adanya malam seribu bulan.

Di dalam bulan Ramadhan, Allah swt. telah menjanjikan kepada hamba-Nya tentang adanya malam lailatul Qodar atau malam al-Qadar. Malam ini sering disebut sebagai malam seribu bulan. Firman Allah swt. dalam Al-Qur’an:

بِّسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ
إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ.  وَمَآ أَدۡرَىٰكَ مَا لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ.  لَيۡلَةُ ٱلۡقَدۡرِ خَيۡرٞ مِّنۡ أَلۡفِ شَهۡرٖ.تَنَزَّلُ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذۡنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمۡرٖ.  سَلَٰمٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطۡلَعِ ٱلۡفَجۡرِ

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin. Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS. Al-Qadr: 1-5)

Dari dalil al-Qur’an di atas, maka barangsiapa yang beribadah pada malam itu (malam al-Qadar) lebih baik dari berjuang di jalan Allah selama 1000 bulan.



Keutamaan kelima bulan puasa ramadhan adalah diampuninya dosa-dosa.

Apabila selama bulan puasa Ramadhan melaksanakan ibadah puasa dengan baik dan Qiyam Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah semata, maka dosa-dosanya yang terdahulu akan diampuni Allah swt. Hadits riwayat Bukhari-Muslim.

Keutamaan keenam di bulan puasa Ramadhan adalah terkabulnya doa-doa.

Hadits sabda Nabi saw. : pada bulan puasa Ramadhan, doa-doa akan dikabulkan Allah, apalagi ketika berbuka puasa. (HR. Ibnu Majah – Baihaqi).

Masih banyak lagi keutamaan-keutamaan serta keistimewaan dari bulan puasa Ramadhan. Seharusnya dengan mengetahui keenam keistimewaan yang sudah disebutkan di atas, hendaknya kita sebagai umat Islam hamba Allah swt. dapat mempersiapkan diri kita untuk menghadapi dan menjalani bulan puasa Ramadhan dengan cara mengoptimakan keutamaan bulan puasa Ramadhan dengan memperbanyak amal ibadah dan amal kebaikan dan kebajikan yang lain.

Misalnya adalah dengan mengerjakan semua amal ibadah kebaikan, berpuasa, bertilawatul qur’an sebanyak mungkin, bersedekah, membaca buku-buku, menguatkan sholat berjamaah, mempererat tali silaturahmi. Tentu saja kesemua amal ibadah tersebut harus dengan niat ikhlas hanya karena Allah dan mengharapkan ridhonya

Cara Mengoptimalkan keutamaan bulan puasa Ramadhan

Untuk meraih keutamaan bulan puasa Ramadhan, di antara amalan-amalan istimewa dan unggulan adalah melaksanakan puasa dengan puasa yang berkualitas (menahan nafsu, menahan bicara yang tidak perlu, pikiran-pikiran negatif), membaca al-Qur’an, mendirikan sholat malam Ramadhan (Qiyam Ramadhan), menanti malam seribu bulan dengan setiap malam bulan Ramadhan, memperbanyak doa dan bertaubat, mengeluarkan zakat fitrah, memperbanyak sedekah, beriktikaf di dalam masjid pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Semoga kita semua umat muslim dapat mengoptimalkan bulan puasa Ramadhan.amiin...

Posting Komentar untuk "Cara Mengoptimalkan Keutamaan Bulan Puasa Ramadhan"