Keutamaan Wudhu dari Setiap Proses Wudhu

Wudhu merupakan tahapan awal atau pendahuluan dalam proses penyucian yang agung sebelum mengerjakan sholat. Wudhu dan setiap gerakan di dalam wudhu mulai berkumur hingga membasuh kaki masing-masing mempunyai keutamaan. Berikut ini adalah keterangan dari dalil hadits Nabi saw. yang menyebutkan keutamaan-keutamaan wudhu dan setiap proses tahapan gerakan di dalam wudhu.

Apa saja keutamaan dari wudhu dan masing-masing tahapan gerakan di dalam wudhu?

Keutamaan wudhu akan menghapus dosa-dosa dan meninggikan derajat

Dalil hadits Nabi Muhammad saw.

Maukah kalian aku beritahukan tentang sesuatu yang dengannya Allah akan menghapuskan dosa-dosa kalian dan meninggikan derajat kalian? Para sahabat menjawab: Mau, ya Rasulullah. Kemudian beliaupun berkata: Yaitu, dengan cara menyempurnakan Wudhu dari hal-hal yang bersifat makruh, banyak melangkahkan menuju masjid dan menunggu waktu setelah (tahiyatul masjid). Yang demikian itu adalah ikatan (perjanjian)" (HR. Muslim).

Keutamaan setiap tahapan wudhu akan menghapus kesalahan-kesalahan yang telah dikerjakan.

http://islamiwiki.blogspot.com/
Sabda Nabi saw. dari Abdullah Ash Shanaji ra., bahwa Rasulullah bersabda: Apabila seorang hamba ber-Wudhu, kemudian berkumur-kumur, maka dikeluarkanlah (dihapuskan) kesalahan-kesalahan itu dari mulutnya. Apabila memasukkan air ke rongga hidung, maka keluarlah kesalahan-kesalahan itu dari hidungnya.

Apabila dia membasuh wajahnya, maka keluarlah kesalahan-kesalahan yang pernah dia lakukan dari wajahnya, sehingga kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi keluar dari bawah tempat tumbuhnya rambut dari kedua matanya.

Apabila dia membasuh dari kedua tangannya, maka keluarlah kesalahan-kesalahan itu dari kedua tangannya, sehingga kesalahan yang pernah terjadi keluar dari bawah (celah) kukunya.

Apabila dia mengusap kepalanya, maka keluarlah kesalahan-kesalahan itu dari kepalanya, sehingga kesalahan-kesalahan tersebut keluar dari kedua telinganya.

Apabila dia membasuh kedua kakinya, maka keluarlah  kesalahan-kesalahan tersebut dari kedua kakinya, sehingga kesalahan yang pernah ia lakukan keluar dari bawah kuku-kuku dari kedua kakinya.

Lalu perjalanannya ke masjid adalah merupakan nilai ibadah tersendiri baginya. (HR. Imam Malik, An Nasai, Ibnu Majah dan Al Hakim).

Baca juga cara Wudhu, doa sebelum dan sesudah wudhu
Baca juga Doa wudhu lengkap pada setiap langkah dan tahapan

Subhanallah, keterangan mengenai keutamaan dari wudhu dan juga keutamaan dari setiap tahapan gerakan dalam wudhu yang bersumber dari dalil hadits Nabi saw. Mari kita berusaha untuk meraih keutamaan-keutamaan tersebut dengan cara mengerjakan wudhu dengan cara wudhu batin. Sehingga dapat menjadikan bekal awal untuk sholat yang khusyu’.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Wudhu dari Setiap Proses Wudhu"